-->

Setting Access Point TP-Link TL-WA701ND

Dear all.. Lama gak posting.. Kali ini postingan ane tentang bagaimana cara menyetting Access Point TP-Link TL-WA701ND. Langsung saja ke TKP.



Sebelumnya siapkan :
1. Access Point TP-LINK TL-WA701ND
2. Jaringan Internet/ISP DSL koneksi atau modem internet broadband
3. Komputer / Laptop (untuk konfigurasi)
4. Kabel UTP





Langkah pertama pastikan Acces point anda menyala, dan hubungkan acces point anda dengan dengan laptop menggunakan kabel UTP. Jika Acces Point anda second atau sudah pernah digunakan, Reset terlebih dahulu acces point anda tersebut.
Caranya tekan tahan lubang kecil yang ada dibagian belakang kemudian masukkan colokkan kabel power adaptornya dengan keadaan masih ditahan tombol reset tadi, tunggu hingga kira-kira 10 detik kemudian lepas. Ini bertujuan untuk mengembalikan settingan default dari Access Point, yaitu : User Name : admin, Password : admin, dan IP nya 192.168.1.254 atau bisa anda lihat langsung di bagian bawah Access Point.



Jika sudah buka browser anda kemudian ketikkan alamat IP dari IP Access Point yaitu 192.168.1.254 lalu tekan enter, kemudian masukkan user name dan password nya kemudian pilih log in


Setelah itu masuk ke menu Network pada jendela konfigurasi Access Point lalu pilih jenis static Ip atur IP nya sesuai dari IP yang didapat dari ISP atau internet nya. Contoh :
IP yang didapat dari ISP saya : 192.168.137.1 maka, ganti IP Address Access Point menjadi satu subnet dengan IP dari ISP dan ingat IP yang anda masukkan tersebut akan menjadi IP Access Point anda, dan di bagian Default Gateway masukkan IP dari ISP tadi kemudian pilih save dan tunggu proses reboot selesai.


Lalu setelah itu ganti IP PC /Lptop anda menjadi satu subnet dengan IP Access Point anda yang baru yaitu 192.168.137.x (selain 254), ini bertujuan agar kita bisa masuk ke konfigurasi Access Point nya lagi. Jika sudah berhasil kembali masuk ke konfigurasi Access Point melalui browser seperti sebelumnya, pastikan dulu test ping berjalan.


Setelah itu pilih menu Wireless – Wireless Setting dan pilih Operation Mode nya sebagai Access Point dan ganti SSID nya sesuai keiinginan anda, dan sisanya biarkan auto atau jika anda ingin lebih detail silahkan setting manual namun jika anda bingung biarkan sisanya dalam keadaan default lalu tekan save.


Setelah itu masuk ke menu Wireless – Wireless Security. Jika anda ingin jaringan wireless ini terkunci oleh password maka beri centang jenis enscripsi yang ingin anda gunakan, saya sarankan untuk menggunakan jenis WPA2, baca keterangan disamping nya untuk syarat pemberian password nya, kemudian tekan save.



Kemudian masuk ke menu DHCP, di menu ini jika anda pilih enable maka Client yang terkoneksi tidak perlu melakukan setting IP. Tentukan range IP yang ingin anda buat. Saran batasi jumlah IP hanya maksimal 15 client, setelah itu isi kolom default gateway dengan IP dari ISP dan kolom DNS dengan DNS open atau IP ISP juga bisa, lalu tekan Save.


Kemudian yang paling penting adalah mengganti password untuk masuk ke konfigurasi Access Point yaitu di menu System Tools – Password, lalu tekan Save




Dan langkah terakhir adalah me restart Access Point  anda yaitu di menu System Tools – Reboot dan tunggu hingga proses reboot selesai. Coba tes koneksi ke jaringan yang anda buat itu dengan PC/Laptop yang ada fasilitas WiFi nya, cek apakan sudah sesuai dengan yang anda inginkan. Jika anda sudah mengkonfigurasi nya dengan benar maka anda sudah berhasil membuat jaringan Wireless Internet. 
Referensi arif. Semoga bermanfaat..




Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

0 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Onemedia | 2012 Templates
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top