-->

Contoh Proposal Usaha Q Tela


BAB I
PENDAHULUAN
1.1  LATAR BELAKANG
Semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya, maka semakin meningkatnya pula keanekaragaman kebutuhan mereka terutama dalam hal makanan. Setiap wilayah atau daerah memiliki karakteristik tersendiri, dilihat dari segi budaya, geografis, maupun kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Semua itu dipengaruhi oleh keadaan alam, lingkungan tempat tinggal bahkan penghasilan yang berbeda-beda.
Di Daerah Istimewa Yogyakarta kuliner menjadi daya tarik tersendiri khususnya bagi masyarakat Yogyakarta, wisatawan lokal maupun wisatawan asing. Dimana begitu banyak kuliner yang dijajankan dipinggir-pinggir jalan, mulai dari roti bakar, jagung bakar, tahu sumedang, aneka jus, bahkan angkringan.
Dilihat dari latar belakang yang ada, disini kami akan membuat jajanan yang tidak asing lagi didengar atau dijumpai disetiap daerah yaitu “Q Tela-tela”. Selain rasa dan ukuran yang bervariasi, jajanan ini sangat popular bagi kaum muda. Apalagi di Yogyakarta sendiri banyak kaum muda yang menimba ilmu di perguruan tinggi atau yang sudah bekerja maupun wisatawan yang sedang berkunjung. Sehingga jajanan ini akan menjadi daya tarik tersendiri.

1.2   KONSEP USAHA
Usaha penjualan “Q Tela-tela” ini merupakan usaha kecil yang dijalankan untuk sementara waktu dan hanya buka pada malam hari, selain itu usaha ini sebagai batu loncatan. Sehingga apabila usaha ini banyak diminati oleh masyarakat, maka kami sebagai pemilik usaha akan membuka cabang khususnya untuk wilayah Yogyakarta.


1.3   VISI
“Menciptakan produk makanan unggulan dengan rasa bervariasi yang diminati masyarakat”

1.4   TUJUAN
Adapun tujuan dibukanya usaha pejualan “QTela-tela” adalah sebagai berikut :
  1. Memperoleh penghasilan
  2. Memenuhi kebutuhan masyarakat
  3. Menciptakan lapangan kerja
  4. Memanfaatkan peluang usaha yang ada

BAB II
ASPEK PEMASARAN
2.1    PASAR KESELURUHAN
Makanan “Q Tela-tela” ini kami tujukan untuk semua golongan baik tua maupun muda yang berdomisili di Yogyakarta maupun wisatawan yang sedang berkunjung baik itu wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

2.2   SEGMEN PASAR
Makanan “Q Tela-tela” ini kami tujukan untuk semua golongan baik tua maupun muda yang berdomisili di Yogyakarta.

2.3   FAKTOR KOMPETITIF
Dilihat dari segi peluang yang ada , usaha ini berpotensi baik untuk kedepanya, karena dilihat dari cita rasa dan berbagai bervariasi rasa. Sehingga peluang mendapat pelanggan yang banyak sangat besar.

2.4   RENCANA PENJUALAN
Kami akan memasang sepanduk di gerobak kami dan lampu kerlap-kerlip yang akan kami buat semenarik mungkin sehingga dapat mencuri perhatian masyarakat karena lokasinya di alun-alun kidul.

2.5   PENETAPAN HARGA
Untuk harga “Q Tela-tela” kami menyediakan tiga produk jajanan yaitu :
PRODUK
RASA
HARGA
Tela Crispi
Balado
Rp. 3.500
Tela Crispi
Keju
Rp. 3.500
Tela Crispi
Pizza
Rp. 3.500
Tela Crispi
Pedas Manis
Rp. 3.500
Tela Crispi
Campur
Rp. 3.500
Kentang Crispi
Balado
Rp. 5.000
Kentang Crispi
Keju
Rp. 5.000
Kentang Crispi
Pizza
Rp. 5.000
Kentang Crispi
Pedas Manis
Rp. 5.000
Kentang Crispi
Campur
Rp. 5.000
Jamur Crispi
Balado
Rp. 4.000
Jamur Crispi
Keju
Rp. 4.000
Jamur Crispi
Pizza
Rp. 4.000
Jamur Crispi
Pedas Manis
Rp. 4.000
Jamur Crispi
Campur
Rp. 4.000


BAB III
PRODUK DAN OPERASI
3.1 JENIS PRODUK
Jenis produk yang kami jual yaitu berupa makanan yang berasal dari Tela, Kentang , serta Jamur dengan cita rasa yang bervariasi, sehingga banyak masyarakat yang ingin mencoba rasa dari “Q Tela-tela” produk kami.

3.2 PERLATAN
Dalam pembuatan “Q Tela-tela” ini kami membutuhkan peralatan yang akan memperlancar produksi serta pemasaran kami, diantaranya :
  1. Gerobak
  2. Penggorengan
  3. Alat Penggorengan
  4. Kompor + Gas
  5. Tempat penyampur bumbu
  6. Kabel 2
  7. Stop Kontak
  8. Colokan
  9. Lampu Philips
  10. Lampu kerlap-kerlip


3.3 BAHAN BAKU
Bahan baku dari Q Tela-tela adalah sebagai berikut :
  1. Tela
  2. Kentang
  3. Jamur
  4. Bumbu balado
  5. Bumbu Keju
  6. Pizza
  7. Pedas Manis

3.4 LOKASI USAHA
Usaha “Q Tela-tela” ini terletak di Sebelah timur alun-alun kidul, karena tempatnya sangat strategis selain itu juga banyak wisatawan yang berkunjung ketempat tersebut.

BAB IV
BENTUK USAHA
4.1 NAMA USAHA
Usaha ini kami beri nama “Q Tela-tela Cinta”. Dengan nama ini diharapakan bisa menarik perhatian khususnya kalangan muda dan masyarakat, serta agar dapat dengan mudah mengenal dan mengingat.

4.2 BENTUK BADAN USAHA
Usaha ini merupakan usaha yang dikelola  perseorangan.
BAB V
KEBUTUHAN KEUNGAN
Total biaya pembangunan usaha Q Tela-tela tersebut Rp. 3.393.000 dengan rincian sebagai berikut :
5.1 BIAYA TETAP
Gerobak                                   : Rp. 2.500.000
Penggorengan                           : Rp. 60.000
Alat Penggorengan                    : Rp. 20.000
Kompor Singgle + Gas : Rp. 175.000
Tempat penyampur bumbu        : Rp. 2.500
Kabel                                       : Rp. 10.000
Stop Kontak                            : Rp. 1.000
Colokan                                   : Rp. 7.500
Lampu Philips                           : Rp. 21.000
Lampu kerlap-kerlip                 : Rp. 35.000
Listrik/bulan                              : Rp. 10.000
Pajak/bulan (Tempat)               : Rp. 50.000
TOTAL                                    :Rp. 2.847.000

5.2 BIAYA VARIABEL
Kertas penyajian                       : Rp. 55.000
Tela                                          : Rp. 115.000
Kentang                                   : Rp. 130.000
Jamur                                       : Rp. 120.000
Bumbu balado                          : Rp. 30.000
Bumbu Keju                             : Rp. 32.000
Bumbu Pizza                             : Rp. 34.000
Bumbu Pedas Manis                 : Rp. 30.000
TOTAL                                    : Rp. 546.000

5.3 DAFTAR HARGA
PRODUK
RASA
HARGA
Tela Crispi
Balado
Rp. 3.500
Tela Crispi
Keju
Rp. 3.500
Tela Crispi
Pizza
Rp. 3.500
Tela Crispi
Pedas Manis
Rp. 3.500
Tela Crispi
Campur
Rp. 3.500
Kentang Crispi
Balado
Rp. 5.000
Kentang Crispi
Keju
Rp. 5.000
Kentang Crispi
Pizza
Rp. 5.000
Kentang Crispi
Pedas Manis
Rp. 5.000
Kentang Crispi
Campur
Rp. 5.000
Jamur Crispi
Balado
Rp. 4.000
Jamur Crispi
Keju
Rp. 4.000
Jamur Crispi
Pizza
Rp. 4.000
Jamur Crispi
Pedas Manis
Rp. 4.000
Jamur Crispi
Campur
Rp. 4.000

5.4 PERKIRAAN PENJUALAN NORMAL DALAM 1 BULAN
Tela Crispi 10 porsi x 3.500 x 30 hari   = 1.050.000
Kentang Crispi 10 porsi x 5.000 x 30 hari         = 1.500.000
Jamur Crispi 10 porsi x 4.500 x 30 hari = 1.350.000
Jadi pendapatan bulan pertama                         = 3.900.000
Pengeluaran perbulan                                        = 1.344.000
Jumlah keuntungan per bulan                             = 2.556.000

BAB VI
FOTO PRODUK



BAB VII
PENUTUP
Untuk melakukan sebuah usaha dituntut untuk serius dan fokus, kita tidak bisa memulai sebuah bisnis dengan setengah-setengah, dan dikerjakan dengan sungguh-sungguh meskipun usaha tersebut berupa usaha sampingan.
Kegagalan usaha bukan disebabkan oleh orang lain melainkan dari diri kita sendiri. Sehingga kita dituntut untuk berani mengambil sebuah keputusan dengan pemikiran-pemikiran yang kreatif untuk menghindari resiko yang lebih besar.
Sudah saatnya kita memulai usaha dan belajar kepada mereka yang lebih sukses agar kita dapat memilah mana yang pas dan mana yang kurang pas. Dengan demikian kita akan terhindar dengan resiko yang lebih besar.
                 Yogyakarta, 4 Januari 2014
Mahasiswa                                                                               Dosen Pengampu



Ridwan Abdulah                                                                       Edy Prayitno, S.Kom, S.E, M.Eng
NIM. 12131279                                                                      NIP. 200110005


Silahkan bagi yang mau download documentnya
Share this post
  • Share to Facebook
  • Share to Twitter
  • Share to Google+
  • Share to Stumble Upon
  • Share to Evernote
  • Share to Blogger
  • Share to Email
  • Share to Yahoo Messenger
  • More...

1 komentar

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2011 Onemedia | 2012 Templates
Designed by BlogThietKe Cooperated with Duy Pham
Released under Creative Commons 3.0 CC BY-NC 3.0
Posts RSSComments RSS
Back to top